Rabu, 04 Desember 2013

TIPS DAN TRIK MENENTUKAN JURUSAN DI PERKULIAHAN

Di bawah ini tips-tips yg boleh kalian ikuti dalam menentukan jurusan

  1. JANGAN memilih jurusan/PT karena TEMAN
  2. Percayalah, belum tentu teman akrabmu ketika SMA akan menjadi teman akrabmu juga di kuliah. Coba pikirkan ini: Kalau misalnya kamu memilih tempat kuliah karena teman baik, dan setelah kuliah kalian saling bermusuhan karena suatu alasan, apa lagi alasanmu untuk kuliah?

  3. JANGAN memilih jurusan/PT karena PASSING GRADE
  4. Pola umum yang terjadi adalah:

    *memilih jurusan dgn PG rendah supaya gampang lulus *memilih jurusan dgn PG tinggi supaya bergengsi dan keren Percayalah, PG ketika seleksi sama sekali tidak ada hubungannya dengan kuliah itu sendiri. Coba perhatikan ini: Jurusan akuntansi biasanya memiliki PG lebih tinggi daripada manajemen. Tapi, di dunia kerja, para lulusan manajemen lah yang menjadi boss para lulusan akuntansi. Nah, lho! Bukan berarti PG rendah harga diri rendah. Sebaliknya juga tidak. Lagipula, kamu tidak bisa membandingkan mana yang lebih baik: dokter atau dosen? Pengusaha atau arkeolog? Setiap jurusan punya pesona masing-masing.

  5. JANGAN memilih jurusan karena PEKERJAAN dan GAJI
  6. Tidak ada yang bisa menjamin lulusan sebuah jurusan akan bergaji lebih tinggi daripada gaji lulusan jurusan lain. Kalau kamu memang yang terbaik di bidangmu, pasti selalu terbuka kesempatan yang kamu inginkan. Adik-adikku, sadarlah, lebih baik kamu menjadi yang terbaik meskipun di bidang yang mungkin tidak populer, daripada di bidang yang amat bergengsi, namun hanya menjadi pecundang. Selain itu, pilihan untuk menjadi wiraswastawan selalu terbuka.

  7. JANGAN memilih jurusan/PT karena NAMA BAIK
  8. Nama baik bisa bermacam-macam. Ada yg memilih kampus karena katanya merupakan kampus no 1. Ada yg memilih kampus karena namanya terkenal. Ada yg memilih kampus karena kampus itu kampus negeri. Ada yg memilih karena kampus itu punya ikatan dinas. Adik-adikku, percayalah, emas tetap emas di dalam tong sampah sekali pun. Dan sampah tetap sampah di dalam istana emas sekalipun. Selain itu, harus diingat bahwa setiap kampus memiliki kebanggaan masing-masing. Tiap-tiap kampus mempunyai keunikan dan kelebihan yang tidak dimiliki kampus lain, dan juga kelemahan sendiri. Camkanlah ini: Kampusmu tidak hebat, kalau kamu malas kuliah. Kampusmu hebat kalau kamu berprestasi.

  9. JANGAN memilih jurusan/PT karena BIAYA
  10. Biasanya, orang memilih karena biayanya murah. Ada juga yang memilih kampus dengan biaya tinggi supaya terlihat bergengsi, konyol sekali. Percayalah, biaya tidak berbanding lurus dengan kualitas perguruan tinggi. Kampus dengan biaya tinggi belum tentu berarti memiliki fasilitas lebih bagus daripada kampus dengan biaya lebih rendah. Begitu juga sebaliknya. Lagipula, adik-adikku, beasiswa bertebaran. Jika mau, ambillah! Ada banyak macam beasiswa. Pilihlah yang paling cocok denganmu. Ketika kuliah, kalian diwajibkan untuk bersikap proaktif.

  11. JANGAN memilih jurusan/PT karena ORANG TUA
  12. Ya, mungkin kamu protes, aku mengerti. Sebenarnya niatmu amat sangat mulia, dan amat pantas untuk dihargai. Tapi adik-adikku, ada fakta-fakta yg harus kamu sadari: *kuliahmu akan mempengaruhi seluruh kehidupanmu setelahnya. Jika kamu berpikir sekedar "kuliah untuk membuat orang tua bangga", maka adik-adikku, betapa dangkal pikiranmu. Percayalah, bagaimanapun, yg paling bahagia atau paling sedih nantinya adalah dirimu sendiri. *mari berpikir ekstrim. Bagaimana kalau beberapa saat setelah kelulusanmu, orang tua mu meninggal? Aku bukan menakut-nakuti ataupun mendoakan. Tapi, realistislah. Semakin bertambah usiamu, semakin banyak kenalanmu yang meninggal. Adik-adikku, jika kau memilih kampus hanya demi orang tua, namun tidak ada kecintaan dari diri sendiri, dan jika orang tua mu meninggal tanpa diduga, apa lagi alasanmu untuk kuliah? Coba perhatikan kata-kata Rancho dalam film 3 Idiots : "Jika saja ayahnya Mariah carey menyuruh dia untuk menjadi insinyur.., dan ayahnya Jet Li menyuruh dia menjadi penyanyi, coba bayangkan, akan jadi apa mereka sekarang?" adik-adikku, renungkanlah itu..

Bah, bah, bah, kok dari tadi jangan melulu sih? Katanya JANGAN ini, JANGAN itu, jangan-jangan, jangan bla-bla-bla... Trus, yang boleh apa dong?

Nah, pilihlah jurusan karena itu adalah CITA-CITA mu! Pilihlah jurusan karena itu adalah JIWA mu! Apakah kamu sudah punya cita-cita?! Ataukah selama ini kamu masih bingung memilih? Mungkin juga kamu sudah mulai berkonsultasi dengan guru, senior, keluarga,.. Tapi adikku, ketahuilah.. Jangan terlalu sering berkonsultasi. Nanti kau bingung sendiri. Kau tak akan pernah mendapatkan penjelasan objektif. Kalau kau berkonsultasi pada guru, mereka akan menyarankan kamu memilih jurusan yang populer. Kalau kau berkonsultasi pada keluarga, maka kau akan disarankan ke jurusan yang kelihatannya berpotensi menghasilkan uang banyak. Kalau kau berkonsultasi kepada senior mahasiswa teknik, dia akan menyarankanmu untuk masuk teknik. Kalau kau berkonsultasi dengan senior mahasiswa ekonomi, kau akan disarankan untuk masuk ekonomi. JANGAN SERING BERKONSULTASI TENTANG CITA-CITAMU! Yang terpenting adalah cita-cita. Ya, cita-cita! MILIKILAH CITA-CITA! Aku menuliskan ini hanya supaya kamu tidak salah jurusan... Percayalah, cara dirimu memandang jurusanmu sendiri sebelum masuk dan setelah masuk pasti akan berbeda. Cara pikirmu akan banyak berubah setelah masuk kampus dan bertemu banyak orang.. Okay?

0 komentar:

Posting Komentar